Sunday, 16 November 2014

Petingnya Bertanya Saat Wawancara Kerja

Wawancara adalah hal yang tidak terlewatkan dalam tahap seleksi penerimaan karyawan baru. Bagi para pelamar  yang mencapai tahap seleksi wawancara adalah suatu keberuntungan tersendiri mampu melewati seleksi tahap awal. Wawancara adalah dimana pihak perusahaan ingin menggali apakah para pelamar tersebut mampu dan layak untuk bisa bergabung dalam perusahaannya. 


Nah, lantas mengapa anda harus mengajukan pertanyaan ketika pewawancara menawarkan pertanyaan kepada anda "apakah ada pertanyaan". Ketika pewawancara menawarkan kepada anda suatu pertanyaan, dari situlah pewawancara dapat menilai apakah anda tertarik dengan pekerjaan yang akan anda lakukan.. Mengajukan beberapa pertanyaan adalah hal yang sangat amat penting agar terkesan anda tertarik dan semangat dengan pekerjaan tersebut. Tetapi ketika anda tidak mengajukan pertanyaan apapun kepada pewawancara, anda akan memberi kesan bahwa :
  • anda menggangap pekerjaan itu sepele
  • anda tidak pandai
  • anda mudah ditekan
  • anda telah bosan atau membosankan
Lalu, bagaimana sikap yang baik ketika akan melakukan pertanyaan kepada pewawancara. hal-hal yang harus anda perhatikan:

  • Percaya diri, percaya diri akan  memberi kesan bahwa anda memiliki kemampuan dalam pekerjaan tersebut.
  • Tegas, memberikan kesan bahwa anda benar-benar mengiginkan pekerjaan tersebut.
  • Penuh perhatian, memberikan kesan bahwa anda benar-benar peduli dan gigih dalam pekerjaan tersebut.
  • dan yang terakhir tenang, tenang dalam mengajukan pertanyaan akan memberikan kondisi saat wawancara lebih santai.

Sehingga pertanyaan adalah faktor utama yang menetukan saat wawancara apakah anda layak untuk diterima dalam perusahaan tersebut. Mengajukan pertanyaan memberikan nilai lebih pada pelamar ketika pelamar mengajukan pertanyaan yang bagus. tetapi jika pelamar mengajukan pertanyaan yang tidak tepat malah akan membuat nilai kurang bagi pelamar. Pertanyaan yang tepat adalah buatlah pertanyaan yang singkat saja, hindari pertanyaan yang sepele seperti " dimanakah letak perusahaan ini" ,hindari pertanyaan yang diawali  "mengapa" karena lebih terkesan pertentangan, hindari pertanyaan yang terlalu menekankan pada uang/gaji anda nanti dan yang terakhir jangan sekali-kali memotong pembicaraan pewawancara ketika pewawancara sedang berbicara.












6 comments:

  1. terima kasih infonya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. Wah mksih bgt ats info ini.info ini sgt membantu ku yg saat ini sdg mncari pekerjaan ni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama-sama senang juga artikel ini bisa bermanfaat buat anda

      Delete
  3. Saya kira sebagai orang yang diwawancara tidak perlu bertanya balik, namun itu adalah salah ya. Dulu waktu lulus kuliah juga seperti itu. Tapi sekarang sudah bekerja.

    ReplyDelete